6 Cara Ampuh Yang Dipercaya Dapat Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

By | 18th May 2019

Cara Ampuh Yang Dapat Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Memiliki buah hati yang sedang mengalami sulit makan dan minum tetunya sebagai orang tua merasa bingung dan khawatir. Apalagi bunda sudah melakukan berbagai cara, namun sikecil masih enggan untuk makan bahkan enggan untuk menyentuh nasi dipiring.

Anak susah makan nasi

Fase dimana anak susah makan dan minum biasanya ketika sikecil usianya sudah menginjak diatas 6 bulan. Fase susah makan tidak hanya dialami satu 2 anak saja, melainkan hampir semua anak-anak akan mengalaminya. Untuk membantu mengatasi anak susah makan nasi, Berikut kami rangkumkan beberapa cara ampuh yang dapat bunda terapkan.

  1. Jangan memaksa dan tetap sabar

    Stop memkasa anakSebaiknya janga memaksa sikecil untuk makan karena hal ini dapat mempengaruhi anak untuk semakin malas untuk makan, Bersabar dan tetap berusaha memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati bunda.

  2. Berikan makanan dalam porsi kecil dan lebih sering

    Porsi makan anakUntuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi pada sikecil, Bunda dapat memberikan makanan dengan porsi kecil namun sering, Hal ini dapat mengurangi rasa bosen atau eneg dan tidak nafsu makan.

  3. Makan untuk sikecil tidak harus nasi

    Meskipun tanpa nasi, Bunda tidak perlu khawatir selama kebutuhan nutrisi karbohidrat, protein, lemak, serta vitaminnya terpenuhi dari sumber lainnya. Seperti sayur,  lauk pauk, dan susu.

  4. Kenalkan nasi pada sikecil secara perlahan

    Apabila sikecil baru atau belum pernah makan nasi sebelumnya, Bunda dapat memperkenalkan nasi secara perlahan sampai sikecil bisa menerima nasi menjadi sumber karbohidrat. Hal ini karena sikecil masih merasa asing terhadap nasi.

  5. Buat tampilan nasi yang menarik

    Bunda dapat mengkreasikan nasi dengan dibentuk atau menggunakan perlatan makan yang unik dan disukai sikecil. Bunda dapat menjadikan nasi ala-ala sushi yang dibalut telur dadar.

  6. Tetap berikan susu dan mineral lainnya.

    Sebaiknya biarkan anak untuk tetap minum susu namun tidak berlebihan, Jangan dilarang minum susu sama sekali karena dapat berdampak kekurangan cairan dan dehidrasi.

6 cara untuk mengatasi diatas dapat bunda terapkan. Apabila dengan cara diatas anak tetap susah makan nasi dan trauma dengan nasi serta mempengaruhi tumbuh kembangnya maka bunda sebaiknya memberikan vitamin untuk anak. Namun apabila sudah beberpa bulan tidak ada perubahan bunda sebaiknya segera konsultasi dengan dokter secara langusng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *