7 Penyakit Yang Sering Menyerang Anak-Anak

By | 24th February 2020

Anak Sakit

Anak Sakit

Sakit pada sikecil memang sudah wajar, Karena sistem imunitas sikecil belum berkembang dengan sempurna, Sehingga rentan terhadap bakerti dan virus. Untuk karena itu sebagai orang tua perlu menjaga kesehatan anak agar tumbuh kembangnya optimal, terutama diusianya 1000 hari.  Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dan sering menyerang anak-anak.

Banyak pertanyaan orang tua kenapa buah hatinya sering sakit..Berikut alasan dan beberapa penyebab buah hati bunda sering sakit.

  • Anak susah makan,  Susah makan pada sikecil sudah pasti memepengaruhi kesehatanya, Hal ini karena asupan nutrisi sikecil terhambat dan tidak optimal. Hal ini tentu mempengaruhi sistem imunnitas anak.
  • Masalah asupan gizi anak. Kurang gizi atau gangguan gizi pada anak dapay berdampak pada menurunya daya tahan tubuh anak.
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu atau infeksi kronis
  • Faktor cuaca. Salah satu faktor penyebab anak mudah sakit yakni karena perubahan cuaca, musim ini bisa membuat anak rentan sakit.

Penyakit Yang Sering Menyerang Anak – Anak

Demam

Penyakit yang pertama yang sering menyerang anak-anak ialah Demam,  Demam merupakan respon alami tubuh terhadap perubaahan yang terjadi pada tubuh sikecil, Salah satunya adalah tumbuh gigi. Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius,  Untuk itu bunda dapat mengatasi demam yang dialami sikecil dengan mengompres air hangat dan memberikan asupan makan dan minuman yang cukup. Serta menutupi tubuhnya dengan selimut.

Diare

Anak dikatakan diare jika buang air besar lebih dari 3 kali sehari.  Terlebih jika feses yang dikeluarkan cenderung encer.  Diare pada anak dapat disebabkan karena infeksi saluran pencernaan, alergi makanan dan keracunan. Bunda dapat mengatasinya dengan memberikan asupan makanan dan cairan yang mengandung garam dan Oralit.

Radang Tenggorokan

Ketika Si Kecil megalami radang tenggorokan. Pastinya akan kesulitan untuk menelan, Sehingga Si Kecil akan rewel saat makan.  Selain itu gejala lainnya ditandai dengan tenggorokan yang kering, gatal, sakit kepala, badan terasa lelah dan nyeri otot.

Batuk Rejan

Salah satu jenis batuk pada anak ini merupakan batuk yang sangat berbahaya untuk anak-anak. 20 hingga 40 juta anak terdiagnosa setiap tahunnya.  Batuk rejan mudah menular dan dapat menyebabkan gangguan pernafasan untuk itu, Sebaiknya bunda selalu mewaspadai penyakit ini. Batuk rejan dapat diobati dengan antibiotik dan memberikan vaksin agar sistem imunitas anak meningkat.

Difteri

Difteri merupakan Salah satu penyakit anak yang disebabkan oleh bakteri ini termasuk penyakit yang berbahaya, Untuk itu perlu untuk diwaspadai.  Gejalanya biasanya diawali dengan demam dan sakit tenggorokan serta tumbul bercak putih di tenggorokan.

Eksim

Penyakit eksim merupakan penyakit kelainan pada kulit yang ditandai dengan pembengkakan pada kulit serta kemerahan dan rasa gatal. Meski penyakit ini tidak menular, Eksmin bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Untuk mengatasi eksim sebaiknya konsultasikan ke dokter atau mengoleskan obat oles sesuai dengan yang dianjurkan dokter.

ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut

ISPA merupakan penyakit yang sering menyerang bagian atas, Seperti hidung, tenggorokan, faring, laring dan bronkus. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Gejala yang ditimbulkan diantaranya hidung tersumbat, bersin, sakit kepala, kelelahan dan sakit saat menelan.

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang anak, Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda sebagai orang tua selalu mewaspadai beberapa penyakit diatas dan beberapa penyakit lainnya. Jika buah hati bunda memiliki keluhan sakit sebaiknya segera konsultasi ke dokter atau memberikan obat untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *