Anak Kurus Karena Batuk..? Waspada Tubercolusis

By | 18th June 2019

Anak Kurus Karena Batuk..? Waspada Tubercolusis

Waspada batuk pada sikecil. Batuk berkepanjangan dan tak kunjung berhenti dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan sikecil. Batuk tenyata juga dapat menyebabkan nafsu makan anak menurun sehingga menyebabkan tubuh sikecil kurus.

Waspada TBC

Tidak hanya itu saja, Sikecil yang sering batuk bisa saja terkena gejala Tubercolusis. Penyakit yang mudah menyerang anak dan ditularkan dari orang dewasa. Penyakit ini cenderung tidak menimbulkan gejala yang pasti, Karena kuman biasnya diam didalam tubuh atau disebut masa laten. Jika suatu saat daya tahan tubuh anak menurun, kuman dapat aktif.

Penyakit TB dapat menimbulkan gejala seperti kehlingan berat badan anak, keringat pada malam hari, demam berkepanjangan, sakit kepala dan batuk secara terus menerus.  Lantas apa penyebab Tubercolusis pada anak.

Penyebab mycobacterium tuberculsis disebabkan karena adanya penularan bisanya melalui droplet saat penderita batuk atau bersin.  Biasanya penularan ini berasal dari orang dewasa. Apabila penyakit ini sudah terjadi atau menyerang anak-anak sebaiknya bunda segera melakukan serangkaian pemeriksaan dirumah sakit. Dokter akan melakukan berbagai tes seperti pemeriksaan darah, foto rontgen, uji kulit tuberculin dan lain-lain. Apabila dipastikan benar-benar sudah mengidap TB makan anak bunda akan mendapatkan pengobatan intensitaf selama 6 bulan tanpa putus.

Langkah Untuk Mencegah Penyakit Tubercolusis

  • Melakukan Pemberian Imunisasi atau Vaksinasi BCG
    Vaksinasi merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakti, vaksin merupakan mikroorganisme, baik sel utuh maupun bagian sel yang bersifat toksik. BCG merupakan jenis vaksin yang secara spesifik merangsang pembentukan antibodi terhadap bakteri TB.
  • Memberikan Makanan Yang Bergizi Dan Seimbang
    Makanan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas pada sikecil agar dapat memerangi kuman dan bakteri penyebab TB.
  • Mecari sumber penularan
    Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular melalui udara, Untuk itu sebaiknya segera cari orang yang menjadi sumber penularan, Bisanya sumber penularan dapat dari sekitar lingkungan rumah.
  • Obati sumber penularan secara tuntas
    Apabila sumber penularan penyakit sudah ditemukan, Maka upayakan untuk segera mengobati orang tersebut. Cegah penularan dengan etika batuk serta menggunakan masker selama beberapa bulan dalam pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *