Cara Menggemukan Badan Anak 3 Tahun

By | 25th December 2018

Cara Menggemukan Badan Anak 3 Tahun

Membantu meningkatkan berat badan anak usia 2 atau 3 tahun sebenarnya tidak susah. Bunda dapat membantu memnuhi kebutuhian nutrisi untuk anak dan selalui menjaga pola makan yang tepat.  Usia anak 2 atau 3 tahun memang usia dimana anak dapat mudah mengalami penurunan selera makan, Hal inilah yang sangat berpengaruh dalam berat badan serta perkembang anak.

Cara Menggemukan Badan Anak 3 Tahun

Menggemukan berat badan anak secara alami

Perhatikan dalam memberikan makanan untuk anak

  • Pada pagi hari berikan susu
  • Pukul 08.00 berikan makan pagi atau sarapan
  • Pukul 10.00 berikan buah, jus buah atau camilan sehat lainnya
  • Siang hari berikan makan siang nasi lembek atau camilan sehat lainnya.
  • Sore berikan roti, buah atau camilan lainnya
  • Pukul 18.00 makan malam
  • Menjelang tidur berikan Susu

Pastikan memberikan makanan yang cukup dan bervariasi untuk anak-anak. Sajikan makanan sesuai dengan porsinya dan buat suasana menyenangkan untuk anak. Agar nafsu makanya meningkat. Makanan bervariasi dapat bunda berikan kepada anak seperti ikan, camilan, buahan-buahan dan sayuran.

Memberikan makanan untuk anak harus diperhatikan tidak sembarangan. Pastikan makanan yang diberikan merupakan makanan yang mengandung vitamin, nutrisi serta gizi yang dibutuhkan anak-anak.

Porsi Makan Anak Usia 3 Tahun

Usia 3 tahun membutuhkan jumlah kalori sekitar 1.125 kalori perhari. Untuk itu anak memerlukan kebutuhan makan yang sesuai dengan porsinya.

Makanan Pokok
Roti, nasi, atau kentang. Anda dapat memberikan makanan pokok dengan porsi sekitar 150 gram.

Sayuran dan Bauh-Bauhan
Apel, mangga, jeruk atau buah lainnya. Porsi yang harus diberikan adalah 1 ½ porsi dan buah-buahan dengan jumlah 3 porsi.

Susu
Bunda dapat memberikan susu satu kali dalam sehari. Susu ini dapat sebagai pengganti ASI

Camilan Sehat
Camilan atau makanan selingan adalah makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Camilan dapat berupa buah, puding, bubur kacang ijo, atau kue.

Lauk Nabati dan Lau Hewani
Lauk dapat diberikan untuk anak bareng dengan makanan pokok. Lauk nabati seperti tempe, tahu, kacang kedelai, kacang merah, Lauk hewani dapat seperti sapi, ayam, telur, dan ikan. Dalam satu hari dapat diberikan satu porsi dengan makanan pokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *