Makanan Penting Untuk Menjunjung Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

By | 23rd June 2020

Selamat Untuk Bunda yang kini Buah hatinya sudah menginjak usia 1 tahun, Usia 1 tahun merupakan usia yang banyak ditunggu-tunggu oleh orang tua dan buah hati. Karena pada usia ini tumbuh kembang anak akan berlangsung dengan pesat, atau berbeda dari usia-usia sebelumnya.

Makanan Untuk Anak 1 Tahun

Usia 1 tahun anak semakin aktifberjalan, memegang benda, berbicara, dan juga bersosialisasi. Agar tumbuh kembang si Kecil dapat optimal,  Pastikan bunda memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu bunda juga dapat memperkenalkan menu keluarga, atau menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh bunda. Sehingga bunda tidak perlu masak-masakan secara khusus untuk si Kecil. Bunda dapat memberikan makanan yang sama dengan keluarga, Namun sebaiknya dipotong-potong kecil agar mudah dikunyah, ditelah, dan dicerna dengan baik.

Usia 1 tahun memang sudah diperbolehkan mengkonsumsi hampir semua jenis makanan, Berikut makanan sehat yang bisa bunda jadikan pilihan untuk si Kecil. 

Pisang

Buah pisang sangat cocok untuk makanan anak usia 1 tahun,  Buah pisang mengandung kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan sinyal saraf dalam tubuh, Dalam buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang dapat menumbuhkan sel-sel baru.Serta mangan yang dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme. Buah pisang juga mengandung karbohidrat yang berbentuk gula, pati, dan serat.  Gula alami yang terkandung didalam buah pisang berperan sebagai sumber energi untuk anak beraktivtas di masa tumbuh kembangnya.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu pilihan favorit makanan sehat untuk anak-anak.  Buah yang satu ini mengandung lemak yang sangat baik untuk kesehatan anak, Kandungan vitamin A pada buah alpukat berfungsi untuk kesehatan mata. Vitamin E yang dapat mempertajam daya ingat, Zat besi untuk mencegah anemia, serta kalsium untuk melindungi kesehatan tulang dan gigi.

Buah Stroberri, Jeruk, dan Blueberi

Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, serta membantu penyerapan zat besi dari makanan. Selain itu vitamin C juga memiliki manfaat untukmenjaga kesehatan jantung dan pembulu darah.

Gandum Utuh, Seperti Oatmeal, Roti, dan Sereal.

Pastinya sudah banyak yang mengetahui bahawa gandum mengandung serat yang dapat membantu menyehatkan dan melancarkan pencernaan, selenium yang mencegah kerusakan sel, megnesium yang menjaga kekebalan tubuh, serta vitamin B1, B1, dan Asam Folat.  Yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi metabolsime dari karbohidrat, pretein dan lemak.

Olahan Kedelai, Seperti Tahu dan Tempe.

Meskipun sering diremehkan, ternyata tahu dan tempe memiliki gizi yang tinggi dan baik untuk dijadikan makanan penunjang pertumbuhan si Kecil. Kedua olahan kedelai ini mengandung protein nabati, serat, kalsium, dan zat besi yang tinggi. Selain itu, tahu dan tempe juga kaya akan omega 6 yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Daging Ayam

Sebagai salah satu sumber protein hewani, daging ayam juga mengandung triptophan yang berfungsi sebagai antidepresan, fosfor yang menjaga kesehatan gigi dan tulang, niasin untuk mencegah kanker, serta vitamin B2 yang berfungsi menjaga perkembangan dan fungsi kulit, kesehatan mata,serta membantu metabolism karbohidrat, protein dan lemak untuk menghasilkan energi.

Ikan

Ikan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak berkat kandungan omega 3, AHA, dan DHA yang tinggi. Berikut jenis-jenis ikan yang memiliki gizi tinggi: salmon, tuna, kembung, lele, patin, teri, dan tongkol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *