7 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Hari

By | 3rd April 2020

Ditengah-Tengah pandemi virus yang sekarang dengan merabak negara indonesia, Kini banyak masyarakat berbondong-bondong ingin menciptakan hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menjemur diri dibawah sinar matahari pagi. Belakangan ini memang banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat berjemur dibawah sinar matahari pagi. Hal ini karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, Sangat disayangkan jika kita bangun kesiangan, tidak hanya rejeki yang terlewatkan namun kesempatan meningkatkan daya tahan tubuhpun juga akan hilang.  Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berjemur dibawah matahari pagi selama 15 menit setiap hari. Tidak harus jam 7 pagi, namun jam 10 pagi.

Jam-jam tersebut sinar matahari menyinari bumi adalah sinar ultraviolet B dengan glombang pendek, Sinar ini mengandung provitamin D3 yang dapat berubah menjadi vitamin D.  Jika berjemur pada jam 7 pagi akan memberikan sinar matahari ultraviolet A, Penyebabnya penuaan dini dan kanker.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat berjemur dibawah sinar matahari, Berikut mari kita simak bersama,

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh memang sudah harus kita terapkan sejak dini, Tidak sulit, Salah satunya adalah melungakan waktu 15 menit berjemur dibawah sinar matahari pagi,  Berjemur dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga tubuh kita agar tidak terkena penyakit.  Ketika berjemur dibawah matahari, Tubuh akan memproduksi sel darah putih yang dapat membunuh benda asing salah satunya virus dan bakteri.

Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Apabila istirahat atau kualitas tidur anda terganggu, atau mengalami kesulitan tidur dimalamhari. Cobalah untuk berjemur dibawah sinar matahari. Setalah beberapa hari, Kualitas tidur Anda pastinya akan meningkat. Sinar matahari akan memproduksi hormon yang bertugas mengatur sirkulasi istirahat tubuh, Yaiut hormon melatonin.

Mencegah Berbagai Macam Kanker

Terpapar sinar matahari secara terus menerus memang meningkatkan resiko tubuh terkena kanker, Namun lain halnya jika Anda berjemur dibawah sinar matahari pagi pada pukul 10 selama 15 menit. Tidak menyebabkan kanker namun membuat Anda terhindar dari kanker, Seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker getah bening.

Mengatasi Penyakit Kulit

WHO atau World Health Organization. Berjemur dibawah sinar matahari pagi dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit, Seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Untuk mendapatkan manfaat ini. Pastikan kamu berjemur pada pukul 10 pagi. Seperti yang dijelaskan, Bahwa sinar matahari menimbulkan sinar ultraviolet A yang berbahaya. Dapat memicu penuaan dini, atau kanker.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Tubuh

Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ini juga bisa teman teman dapatkan melalui paparan sinar matahari pagi,  Jika kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seperti terkena berbagai macam penyakit, Seperti osteoporosis, hipertensi, dan diabetes.  Selain itu jika anak-anak kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakitis.

Tubuh memang tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri. Untuk itu disarankan untuk berjemur dibawah sinar matahari selama 15 menit. Agar kebutuhan vitamin D dapat tercukupi serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berjemur dibawah sinar matahari dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Pastinya Anda sudah mengetahuinya. Bahwa Paparan sinar matahari dapat memberikan vitamin D yang bermanfaat untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Menurunkan Darah Rendah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh university of Edinburgh, Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini sangat penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bawah berjemur merupakan salah satu untuk memproduksi vitamin D.

Itulah beberapa penjelasan pakar mengenai jam yang baik dan manfaat berjemur dipagi hari. Berjemur merupakan salah satu penerapan Hidup sehat. Terima kasih semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu jaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *