Hindari Makanan Ini.. Untuk MPASI Anak Bunda

By | 20th January 2020

Makanan yang dilarang untuk MPASI

MPASI atau Makanan Pendamping ASI ini memang harus sudah diberikan untuk anak sejak usia sikecil menginjak 6 bulan hingga usia sikecil 2 tahun. Namun dalam memberikan makanan untuk MPASI tidak boleh sembarangan, Pasalnya tidak semua makanan disarankan untuk usia anak-anak..

Ada berbagai jenis makanan baik yang digunakan untuk MPASi, Pastinya bunda semua sudah tau. Diantaranya seperti sayuran, buah-buahan dan biskuit yang dihaluskan. Namun ada juga makanan yang harus dihindarinya. Berikut kami rangkumkan untuk bunda.

  1. Seafood / Makanan Yang Bersumber Dari Laut
    Makanan MPASI
    Makanan laut atau seafood tidak dianjurkan sebagai MPASI untuk sikecil, Pasalnya makanan laut seperti udang, kepting, dan kerang mengandung alergen yang bisa memicu alergi.  Serta yang lain seperti ikan tuna jenis bigeye juga harus dihindarkan karena bahaya untuk kesehatan tubuh sikecil.
  2. Jus Buah Instan
    Makanan MPASI
    Buah buahan memang baik dan boleh gunakan sebagai makanan MPASI seperti pepaya dan pisang. Namun tidak disarankan untuk jus buah yang instan atau dalam kemasan, Karena jus buah instan cenderung mengandung pengawet yang berbahaya untuk kesehatan sikecil.
  3. Putih Telur
    Makanan MPASI
    Putih telur merupakan makanan yang kaya akan kandungan protein, Namun putih telur hanya disarankan untuk dikonsumsi untuk anak-anak yang sudah menginjak usia 12 bulan. Putih telur jika diberikan apabila dalam kondisi belum matang sempurna akan beresiko menyebarkan bakteri salmonella yang bisa menimbulkan efek negatif untuk sikecil.
  4. Kacang – Kacangan
    Makanan MPASI
    Kacang-kacangan merupakan makanan yang cenderung baik untuk kesehatan tubuh, Namun makanan ini tidak disarankan diberikan untuk anak sebagai MPASI. Makanan ini tidak boleh diberikan untuk anak-anak secara langsung karena giginya belum kuat dengan sempurna. Sehingga bisa saja beresiko tersedak dan kacang tidak dikunyah dengan benar dapat mengakibatkan gangguan pecernaan anak. Selain itu sikecil juga tidak disarankan untuk diberikan selai kacang. Hal ini karena selai kacang mengandung tekstur yang lengket dan dapat menyebabkan plak pada gigi dan dampaknya membuat gigi sikecil berlubang.
  5. Buah Jeruk
    Makanan MPASI
    Salah satu jenis buah-buhan yang tidak disarankan untuk sikecil ialah buah jeruk. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C memiliki rasa asam yang belum bisa dicerna dengan sempurna oleh pencernaan sikecil. Selain itu bunda, Sebaiknya jangan sering memberikan MPASI untuk sikecil yang memiliki rasa manis agar sikecil dapat mengenal rasa diusianya yang masih usia perkembangan.
  6. Madu Alami
    Makanan MPASI
    Madu yang masih alami dan belum diolah tidak dianjurkan untuk MPASI, Walapun digunakan sebagai pengganti pemanis alami,  Namun madu memiliki kandungan kontaminan dan spora yang bisa menyebabkan infeksi pada bayi.  Madu mengandug bakteri Clostirdium botulinum yang disebabkan sembelit, Menurunkan nafsu makan, lesu dan berpotensi dehidrasi.

Itulah beberapa makanan yang tidak dianjurkan oleh dokter sebagai makanan penamping ASI. Semoga bermanfaat dan buah hatinya sehat selalu ya bunda.. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *