Waspada, Batuk Bagian Dari Gejala Terinfeksi Corona

By | 5th March 2020

Coronavirus  atau virus Corona yang terus menerus meluas ke berbagai negara,Salah satunya indonesia.  Baru-baru ini dikabarkan dua orang indonesia positif terinfeksi virus COVID-19 atau  corona virus.  Dua orang tersebut merupakan ibu dan anak yang sempat berkontak dengan warga negara jepang.

Virus Corona

Virus jenis baru yang bersumber dari negara china ini merupakan virus baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus termasuk virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan.

Untuk itu kenali dan waspadai beberapa gejala dan tanda-tanda virus corona ( 2019  -nCOV ) Berikut beberapa tanda-tanda yang ditimbulkan jika terinfeksi virus corona.

Gejala-Gejala Terinfeksi Virus Corona

  1. Gejala umum infeksi virus coronaa adalah demam tinggi, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan dan sesak nafas. Walapun belum benar-benar ditemukan gejala yang menonjol namun banyak orang terinfeksi virus corona mengalami batuk dan sesak nafas.
  2. Batuk merupakan bagian dari gejala terinfeksi corona, Jadi perlu untuk diwaspadai. Apalagi jika anda mengalami batuk setelah melakukan perjalanan dari luar negri, seperti china, malaysia, singapore dan bebera negara lainnya. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosanya.
  3. Gejala-gejala ini sebaiknya jangan dibiarkan, WHO mengungkapkan bahwa 80% orang yang pulh dari penyakit tanpa perawatan khusus. Sekitar 1 dari  6 orang yang terinfeksi virus corona sakit parah dan mengalamikesulitan bernafas.

Perbedaan Batuk, Flu akibat Corona dengan Flu, Batuk Biasa.

Gejala virus terbaru ini memang tidak mudah dibedakan dengan gejala-gejala batuk atau influenza biasa.  Meski memiliki kemiripan yang sama namun virus penyebabnya berbeda.

Kemiripan gejala ini memang tidak mudah dilakukan, Perlu ada pemeriksaan laboratorium menkonfirmasi indikasi sesorang tertular virus corona. Oleh karena itu, WHO merekomendasikan agar setiap orang mendertia demam, batuk dan sulit bernafas segera melakukan pengobatan dini. Selain itu WHO juga memberitahukan petugas kesehatan soal riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir sebelum gejala itu muncul. Informasi lainnya adalah riwayat kontak mereka dengan seseorang yang sedang menderita infeksi saluran pernafasan.

Lama Waktu Inkubasi atau Munculnya Gejala Setelah Tertular Virus Corona

Gejala terinfeksi virus corona akan mucul atau disebut masa inkubasi.Masa inkubasi akan mucul  virus corona diperkirakan selama 21 hari, Namun perkiraan bisa berubah sesuai perkembangan virus. Jika merujuk dari khasus virus sebelumnya, Seperti MERS dan SARS, masa inkubasinya bisa mencapai 14 hari.

Setiap orang beresiko terkena virus COVID-19, Namun resikonya tergantung tempat tinggal atau tempat yang dikunjungi baru-baru ini.. Resikonya infeksi lebih tinggi didaerah dimana sejumlah orang telah didagnosis dengan COVID-19.

Selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan keluarga dan tubuh kita, untuk informasi lengkap mengenai informasi perkekbangan kasus virus corona silahkan akses situs Kementrian Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *